Cara Berjualan Online Shop Di Tokopedia Dengan Mudah

Cara Berjualan Online Shop Di Tokopedia Dengan Mudah

July 4, 2019 Off By fentyrihanna

Frentypumarihanna – Saat ini, metode jual beli online shop di Indonesia telah berubah. Sebelumnya, kita mungkin hanya tahu toko offline, tetapi sekarang kita bisa mengenal toko online dengan akses internet yang sangat mudah. Ada banyak toko online yang tersedia di internet, termasuk Tokopedia. Tokopedia, salah satu situs e-commerce terbesar di Eropa di Indonesia, menawarkan kesempatan untuk membeli dan menjual secara online. Akhirnya, banyak orang belajar cara membeli di Tokopedia untuk menemukan artikel dengan mudah dan konkret. Ada juga orang yang mencoba menjual produk di Tokopedia sebagai UMKM, UKM,  dan pengusaha lokal untuk meningkatkan omset mereka.

Temukan Pasar Tokopedia

Seperti kita ketahui, Tokopedia adalah pasar online yang diluncurkan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009. Pasar ini kemudian diperkenalkan ke pasar Indonesia pada 17 Agustus 2009, yang akhirnya menjadi seperti sekarang ini. Di bawah naungan PT. Tokopedia, pasar unik ini bahkan telah menerima penghargaan untuk acara-acara nasional, seperti jalur e-commerce “Marketeers of the Year 2014” di konferensi Markplus 2015.

Berkat berbagai fitur dan fasilitas yang ditawarkan, Tokopedia dapat menjadi salah satu jembatan bagi pebisnis untuk meningkatkan bisnis mereka. Mereka dapat menjual berbagai produk seperti aksesoris, kecantikan, mode, kesehatan, barang rumah tangga, perlengkapan bayi, elektronik, dekorasi, dan masih banyak lagi. Jika Anda seorang pemain ekonomi dan ingin mengembangkan bisnis Anda, tidak ada yang terjadi jika Anda mulai berjualan di Tokopedia. Karena selain sistem penjualan yang aman, Tokopedia juga menawarkan banyak lalu lintas situs web untuk menarik pelanggan. Dengan demikian, potensi penghasilan yang akan Anda dapatkan mungkin juga lebih besar dari sebelumnya.

Cara Berjualan Online Shop di Tokopedia

Anda tidak perlu khawatir mendaftar atau menjual di Tokopedia karena sangat mudah. Selain itu, penjualan di Tokopedia juga gratis, jadi Anda tidak perlu menghabiskan modal terlebih dahulu. Jadi, bagaimana Anda menjual di Tokopedia?

Buat toko di Tokopedia

1. Mulai dengan membuat email. Anda dapat mendaftar untuk Gmail, Yahoo atau layanan lainnya. Email ini sangat penting karena tahap pendaftaran akan membutuhkan email untuk memverifikasi akun.

2. Setelah menerima email, silakan kunjungi situs web Tokopedia

3. Silakan pilih menu di sudut kanan atas situs. Anda dapat memilih untuk masuk jika Anda sudah menjadi anggota atau mendaftar jika Anda mengakses Tokopedia untuk pertama kalinya.

4. Ketika pendaftaran selesai, klik pada gambar “Shop” di bagian atas menu dan pilih “Open Store”.

5. Kemudian, halaman kosong akan disajikan kepada Anda yang harus Anda isi sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Toko Domain (tokopedia.com/namadomaintoko): Domain ini dapat didefinisikan sebagai URL toko online Anda. Pastikan domain tersebut unik dan berbeda dari domain lain.
  • Klik “buka toko sekarang”.
  • Berikan informasi singkat tentang toko, seperti nama
  • Isi deskripsi toko Anda.
  • Tempatkan logo untuk toko Anda.
  • Setelah selesai, klik “Next”.
  • Pastikan untuk memilih layanan pengiriman yang tersedia di wilayah Anda.
  • Klik Simpan.

Toko online Anda di Tokopedia telah berhasil diaktifkan. Mudah bukan?

Jual produk di Tokopedia

Sampai saat ini, Anda telah selesai membuka toko online di Tokopedia. Langkah selanjutnya, maka kita bisa menjual produk. Lakukan hal berikut:

Pilih opsi “Tambahkan produk” untuk memasukkan berbagai produk untuk dijual melalui Tokopedia.

Isi seluruh rangkaian produk yang akan Anda jual, seperti:

  • Jenis produk / kategori
  • Harga produk
  • Berat produk
  • Deskripsi Produk
  • Gambar produk untuk dipasarkan            

Kemudian, klik Simpan untuk menambahkan produk ke basis data Tokopedia. Jika Anda ingin menambahkan lebih dari satu produk sekaligus, Anda dapat menjadi anggota Gold Merchant terlebih dahulu. Setelah mengunduh produk ini, Anda dapat menunggu pelanggan membeli produk Anda. Luangkan waktu Anda, maka akan menerima pemberitahuan jika ada pesanan baru, ulasan produk atau pesan yang masuk ke akun Anda. Sebagai penjual, Anda dapat melihat pesanan baru dengan memilih menu “Penjualan” atau “Toko Saya”.

Jika ada pesanan masuk, Anda dapat memilih “Terima Pesanan” dan kemudian klik “Respons Pesanan”. Jika Anda menolak pesanan, penjual bisa mendapatkan poin penalti. Jadi pastikan untuk menyimpan pembaruan stok di Tokopedia. Jika pesanan Anda diterima, Anda dapat mengirimkannya ke layanan pengiriman yang dipilih oleh pembeli.

Tips Penjualan Di Tokopedia

Sama seperti persaingan komersial konvensional, berbisnis online juga membutuhkan strategi yang tidak kalah dengan kompetitor. Untuk membuat penjualan Tokopedia Anda lebih menguntungkan, ikuti tips di bawah ini untuk menjual di Tokopedia:

1. Menjadi dealer emas

Selain menawarkan pendaftaran gratis, Tokopedia juga menawarkan layanan Gold Merchant kepada vendor yang mencari layanan berbayar. Dengan instalasi ini, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti penutup toko, penambahan kategori, fitur statistik, dan banyak lagi.

2. Gunakan foto produk berbeda dari yang lain

Foto yang berbeda tentu saja akan mengurangi kepercayaan pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan. Jika memungkinkan, selalu gunakan foto produk asli yang Anda ambil secara manual. Bukan sekadar salin dan tempel.

3. Jawaban cepat

Salah satu kunci untuk berjualan online shop adalah jawaban cepat. Semakin cepat respons Anda kepada pelanggan, semakin besar kemungkinan pesanan akan terjual. Lebih baik lagi, tambahkan nomor kontak lain yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon atau Whatsapp.